Sabtu, 15 Juli 2017

Daftar (lagi) ENJ 2017

Haiiii bloggersss!!! Ga kerasa sekarang udah 2017 aja ya, terakhir posting bulan Agustus tahun kemarin :'D Oiya cuma mau ngasih tau skrng aku udah S.Si lohhh wkwk akhirnya aku bisa melawati masa-masa menakjubkan dari yang namanya "Skripsi", aku merasa bangga sama diriku sendiri gapapa kan ya? Wkwk

Tapi sekarang aku ga mau cerita tentang itu sihhh, jadii aku mau nyeritain tentang usaha aku buat ikutan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ). Sesuai dengan judul postingan ini "Daftar (lagi) ENJ..." yap! tahun kemarin gue jg daftar ENJ, tapi kaga keterima cuyyy :'D (btw makasih Akir yg dulu udh ngoreksi dan memberi inspirasi buat Essay gue tahun kmrn, krn gue bener2 gatau mesti nulis apaan hahaha). ENJ tuh apaansihhh? Menurut gue ENJ tuh..... hmm krn gue blm mulai misi-nya jadi untuk lebih lengkapnya kalian bisa liat dulu di webnya ya http://enj-maritim.id/ nanti kalo udah selesai misi insyaallah gue bakal nulis lagi disini deh. 

Alhamdulillah, tahun ini dari 13416 peserta yang daftar, gue termaksud dari salah satu dari 2000 yang masuk yay! Menurut gue kalo dibanding sama proses pendaftaran sama yang tahun kemarin tahun ini jelas lebih baik dan terstruktur rapih sihhh, 1) tahun ini kita harus bikin akun sendiri gitu di webnya jadi input berkasnya bisa dicicil, 2) tahun ini juga lebih jelas apa yang harus kita tulis di essay jadi engga terlalu bingung harus nulis apa, 3) keterampilan apa yang harus kita miliki buat ikut ENJ ini juga lebih jelas, jadi kyk ada pilihan keterampilan yg tinggal kita klik trs pilih gituu tp tetep hrs lampirin bukti pendukung kyk foto dan sertifikat.



Berkas-berkas yang harus di input tahun ini itu ada (ini seinget gue ya, soalnya akunnya lngsng ilang gitu setelah pengumuman) 1. Dokumen Bukti Keterampilan 2. Essay Pendek 3. Surat Izin Orang Tua 4. Surat Pengajuan Diri Peserta 5. Surat Keterangan Sehat 6. KTP (kayaknya sih udah, kayaknya ya :'D). Nah karena biaya keberangkatan kita dari domisili ke pelabuhan keberangkatan pake biaya sendiri, jadi gue pilih rute dari pelabuhan terdekat yaitu Jakarta. Dan gue baru tau kalo rute Jakarta itu cuma ke kepulauan Seribu doang cuyy padahal gue berharap bisa sampe pulau We gitu hahahaha tp Alhamdulillah ya Allah. Mungkin bagi kalian yang mau ke wilayah Indonesia Timur bisa aja pilih rute Papua misalnya, pasti seru bgt deh! Tapi ya biayanya jg lebih besar ya.

Dibawah ini gue lampirin Essay Pendek gue buat ENJ tahun ini:

Cita-Citaku Ikut Membangun Negeri Melalui Kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya

“Ekspedisi Nusantara Jaya menjadi sebuah langkah implementasi untuk mendekatkan saudara-saudara kita bahwa NKRI itu satu dan laut yang menjadi pemersatu kita sebagai negara kepulauan terbesar di dunia”. Saya sangat setuju dan tertarik dengan tulisan tersebut, saya meyakini bahwa ENJ merupakan salah satu aksi nyata Indonesia untuk menjadi poros maritim dunia. Hal tersebut yang menjadi dasar niat dan semangat saya untuk ikut membangun negeri melalui ENJ.
Sebagai pemuda kita harus bersemangat dalam membangun kembali budaya maritim untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai poros maritim dunia. Sejarah mencatat, Indonesia sudah dikenal dunia sebagai bangsa maritim yang memiliki peradaban maju. Bahkan, negeri ini pernah mengalami masa keemasan sejak awal masehi. Nenek moyang kita terdahulu mampu menyatukan wilayah nusantara yang disegani bangsa lain karena kehebatan armada niaga, manajemen transportasi laut, dan armada militer yang tangguh menggunakan kapal-kapal layar bercadik.
Visi Indonesia menjadi poros maritim dunia dapat diwujudkan salah satunya dengan membangun negeri ke pulau-pulau terdepan, terpencil dan daerah perbatasan yang hanya dapat di jangkau melalui laut Indonesia. Dengan ekspedisi pelayaran tersebut, diharapkan dapat terbentuk konektivitas antar masyarakat Indonesia sebangsa dan setanah air yang selama ini masih kurang dijangkau karena kondisi geografisnya.
Saya, Nalar Mutiara Esa, sebagai sarjana sains Biologi saya mempunyai kemampuan dan tanggung jawab dalam mengelola sumber daya hayati melalui pendidikan, penelitian, dan wirausaha di bidang biologi industri maupun lingkungan. Saat kuliah kerja nyata saya dipercaya oleh kepala desa tempat saya mengabdi sebagai penanggung jawab untuk menyelesaikan masalah sampah di masyarakat. Saya membuat pupuk kompos padat dan cair organik dari limbah sayur dan buah-buahan, daun-daun kering, serta nasi basi. Selain itu saya juga memanfaatkan botol plastik bekas pakai menjadi jebakan nyamuk dan lalat buah yang berguna di masyarakat. Saya dan tim juga menjadi pioneer terbentuknya bank sampah di desa tersebut. Selain daerah perkebunan dan pertanian, di desa tempat saya mengabdi juga memiliki wilayah pesisir, di sini saya dan tim melakukan bersih pantai dan penanaman pohon mangrove untuk menjaga pantai tetap bersih dan mencegah terjadinya abrasi.
Program kerja yang akan dilakukan disosialisasikan kepada warga setempat, dan di implementasikan, kemudian direalisasikan menjadi produk kreatif yang bernilai jual untuk meningkatkan perekonomian desa. Sosialisasi seputar sampah juga dilakukan ke sekolah-sekolah agar mengerti pentingnya pengelolaan sampah sejak dini dan program pengeolaan sampah di desa dapat terus terlaksana.
Dengan keterampilan saya mengajar, menari tradisional dan baris-berbaris. Saya akan membagikan ilmu yang saya miliki kepada masyarakat karena saya yakin ilmu yang bermanfaat dapat menjadi bekal yang tak terputus untuk kehidupan akhirat saya kelak.
Saya sangat berharap untuk dapat bergabung dengan tim Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 sehingga saya dapat mengimplementasikan kreativitas, inovasi, gagasan solusional, hasil riset, kisah sukses pemberdayaan masyarakat dan keterampilan yang saya miliki untuk membangun negeri dan mewujudkan visi Indonesia menjadi poros maritim dunia. Setelah mengikuti ENJ saya berjanji akan membagikan cerita dan pengalaman saya selama mengikuti ENJ, bahwa harapan Indonesia untuk mejadi poros maritim dunia akan segera terealisasikan karena masih banyak pemuda yang memiliki moral etika yang baik, mandiri, kreatif dan inovatif, memiliki rasa nasionalisme yang tinggi dan mencintai dunia kemaritiman.


Taraaa selesai deh essaynya, semoga gue dan temen2 nanti bisa bener2 mengimplementasikan apa yang udah kita tulis ya! Aamin

Setelah pengumuman gue agak kebingungan apa yang harus gue lakukan? Karena ga ada arahan setelah itu, sampe akhirnya gue tau ade angkatan gue di Undip lolos ENJ juga krn dia update twibbon di Instagram. Ternyata ada grup LINE ENJ se-Indonesia dongg dan itu udh penuh, gue lumayan ga update bgt yak :'D trs akhirnya gue masuk ke grup ENJ rute Jakarta yang isinya udah 47 member waktu itu hahaha terus kita berinisiatif buat nyari2 orang yang belum masuk ke grup ENJ deh soalnya ENJ rute Jakarta ada 100 orang totalnya. Dari situ kita dibagi jadi 3 tim, dan gue masuk ke tim 2 (hola tim 2!) Sekarang, saat gue nulis ini... kita masih bahas proker apa yg mau kita buat, pulau apa yang mau kita jadikan tempat mengabdi, rencananya ada yang mau survey juga kesana, terus sama nunggu panitia ENJ yang bimbing kita deh.

Oiya gue seneng karena kabarnya seperti tahun2 sebelumnya, kalo ENJ rute Jakarta tuh keberangkatannya bakal dilepas sama kementrian gituwww wkwkwk pasti heboh2 gt gaksih nanti?! Hahaha 

Sekian cerita saya malam ini, semoga menginspirasi, insyaallah saya akan menulis lagi nanti, karena di akhir essay saya sudah menuliskan bahwa saya akan membagikan dan menceritakan penglaman saya tentang ENJ ini, jadi gue udh nyicil dari sekarang dah yaak

BTW INI TWIBBON ENJ KU!


#ENJ2017 #EkspedisiNusantaraJaya #PemudaMaritim #BersamaMembangunNegeri #AyoBangunMaritim 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar